Monday 15 August 2016

Fisioterapi pada penyakit kutil (veruka)



  1. Pengertian Kutil
Veruka atau kutil adalah pertumbuhan kulit (hiperplasia epidermis) tidak berbahaya yang disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV) tipe tertentu yang termasuk golongan papova virus. Permukaannya kasar dengan bintik kecil gelap yang dapat dilihat. Mereka mungkin tumbuh di bagian manapun dari tubuh dan dinamai menurut lokasi mereka, yaitu veruka vulgaris (common warts) di anggota badan, veruka plantaris (plantar warts) di telapak kaki, veruka plana (flat warts) di muka dan leher, dan kondiloma akuminata (genital warts) di kelamin. Penampilan kutil berbeda-beda sesuai lokasinya. Kutil di daerah genital atau rektal memiliki penampilan yang basah dan seperti kembang kol. Kutil di telapak kaki yang tertekan cenderung datar dan tumbuh ke dalam.
  1. Gambaran Klinis
Kutil pada umumnya berukuran kecil dan paling sering terjadi pada jari-jari kaki atau tangan. Kutil dapat terjadi pada usia berapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak-anak, dewasa muda, serta mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Gambaran klinis veruka vulgaris berupa nodul berbentuk kubah sewarna dengan kulit dengan permukaan kasar, berbatas tegas, dapat tunggal ataupun berkelompok. Terutama di daerah tangan, siku, lutut, kaki dan jari-jari. Biasanya asimtomatik, tetapi dapat mengganggu jika dilihat dari segi kosmetik. 

  1. Tanda dan Gejala
Kutil bisa dibedakan berdasarkan lokasi dan juga bentuknya. Beberapa kutil bisa timbul secara berkelompok (mosaik), tapi ada juga yang tunggal. Sebagian besar kutil tidak terasa nyeri, tetapi beberapa bisa terasa nyeri jika disentuh, seperti pada kutil di kaki yang akan terasa nyeri saat berjalan. Dari tanda dan gejala dapat dibagi menjadi berbagai macam kutil:
1.      Veruka vulgaris (kutil pada umumnya)
Merupakan kutil yang paling sering terjadi. Kutil tumbuh keras dan biasanya memiliki permukaan yang kasar. Kutil berbentuk bulat atau tidak teratur, berwarna kuning, coklat, abu-abu muda atau abu-abu tua. Dan biasanya berukuran kurang dari 1 cm. Biasanya terbentuk pada daerah-daerah yang mengalami cedera, seperti lutut, wajah, jari-jari tangan atau kaki dan juga siku, kemudian menyebar ke kulit disekitarnya.
2.      Kutil pada telapak tangan dan telapak kaki
Kutil ini biasanya diliputi oleh kulit yang menebal dan berbentuk datar akibat adanya tekanan saat berjalan. Oleh karena itu, kulit pada telapak tangan dan telapak kaki cenderung bersifat lebih keras dan datar, dengan permukaan yang kasar dan berbatas tegas.
Seringkali terasa nyeri, terutama saat berdiri atau berjalan, karena adanya tekanan pada kutil di telapak kaki. Kutil ini juga bisa terbenttuk di punggung kaki atau juga jari-jari kaki, yang mana biasanya kutil ini lebih menonjol.
3.      Kutil Mosaik
Merupakan kelompok kutil kecil-kecil yang berada di telapak tangan atau telapak kaki yang bergabung bersama.
4.      Kutil Periungual
Merupakan pertumbuhan tebal seperti bunga kol yang tumbuh disekitar kuku. Kuku bisa kehilangan kutikula dan bisa terjadi infeksi kulit lainnya disekitar kuku. Kutil jenis ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang suka menggigit kuku atau banyak bekerja dengan air dimana tangan selalu basah.
5.      Kutil Filiformis
Mempunyai bentuk kecil dan memanjang, biasanya terbentuk di kelopak mata, wajah, leher, atau bibir. Biasanya mudah untuk diatasi.
6.      Kutil Datar
Kutil jenis ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda, biasanya muncul sebagai kelompokan bercak-berccak halus mendatar, berwarna kuning-coklat, merah muda, atau sewarna dengan kulit. Paling sering muncul pada wajah dan punggung tangan, tetapi bisa juga timbul disepanjang garis garukan. Pada pria bisa muncul di daerah janggut, dan pada wanita bisa muncul di tungkai. Kutil bisa menyebar ketika bercukur. Biasanya tidak menimbulkan gejala tapi lebih sulit untuk diatasi.
7.      Kutil Genitalia
Disebut juga kondiloma akuminata. Kutil bisa terbentuk pada penis, anus, vulva, vagina dan leher rahim. Kutil bisa datar dan halus, atau juga bisa tidak teratur dan seringkali seperti bunga kol.
  1. Cara Penularan
Penyakit kutil atau veruka merupakan salah satu jenis penyakit yang menular melalui berbagai cara. Diantara cara penularan kutil ialah dengan kontak langsung kulit dengan penderita penyakit kutil itu sendiri, atau bisa juga kontak dengan benda-benda yang dapat menjadi sumber penularan. Virus dapat bertahan pada lingkungan yang hangat dan lembab, seperti pada lantai kamar ganti kolam renang, lantai pinggir kolam renang, lantai tempat mandi pancuran dan sebagainya.
  1. Medikamentosa
Pengobatan kutil seperti ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan perekat dan juga obat kulit yang mengandung asam salisilat yang bisa dibeli tanpa resep.
Penanganan kutil oleh dokter bisa dilakukan dengan cara pengobatan kimia yang mengandung glutaraldehyde atau formaldehyde.
  1. Implikasi Fisioterapi
Untuk penanganan kutil ini selain dapat diobati dengan asam salisilat dapat juga diterapkan adalah cryoterapy atau terapi dingin. Cryotherapy dapat diberikan dengan menggunakan larutan nitrogen atau solid karbondioksida. Prosedur ini telah digunakan secara luas sebagai pengobatan pilihan yang lebih baik secara kosmetik tetapi dapat menimbulkan nyeri yang hebat. Prosedur ini mengakibatkan nekrosis epidermal, area tersebut akan kering dan terkelupas bersamaan dengan mengelupasnya kutil.

No comments:

Post a Comment